Di Jepang, sebuah layanan online baru membuatsensasi yang begitu besarnya hingga menjadi topik bahasan di situs berita Web2.0 TechCrunch. Sekarang ini banyak wanita Jepang yang tergila-gila pada pacarvirtual (virtual boyfriend). Webkare (Web Boyfriend dalam bahasa Jepang) adalahgabungan antara situs jejaring sosial dengan simulasi pacaran yang menjadisensasi web baru di Jepang. Ditujukan bagi para pengguna wanita, situs iniberhasil menarik perhatian 10.000 anggota hanya dalam 5 hari, setelah pertama kalidirilis pada tanggal 10 September. Dalam periode ini mereka berhasil mendulang3.5 juta page view.
Situs ini merupakan pencapaian yang besar.Para wanita berlomba untuk menjadi anggota situs ini sekaligus mencoba simulasiberpacaran dengan gaya anime. Mereka harus menarik perhatian satu dari empattokoh anime lelaki pilihan mereka (yang merupakan "bintang" darisitus ini) saat pendaftaran dan kemudian berusaha untuk menarik perhatian tokohpilihan mereka melalui "percakapan-percakapan" yang mereka pilih,pengguna juga harus berkolaborasi dengan anggota Webkare lainnya jika inginmeneruskan permainan ke tahap lebih lanjut. Pada akhirnya mereka akanmenaklukan hati dari tokoh kartun pria pilihan mereka.
Layanan ini cukup pintar karena simulasipacaran sudah populer di Jepang untuk waktu yang cukup lama (ingat bahwa Jepangmemiliki budaya yang cenderung berbeda dengan kebanyakan negara lain dan banyakmemiliki ide aneh yang hanya populer untuk pasar Jepang). Namun Webkare hadirdengan menawarkan konsep baru secara online dan sekaligus mengkombinasikannyadengan fungsi situs jejaring sosial.
Untuk sementara waktu, Anda dapat menggunakanWebkare secara gratis, karena mereka menampilkan iklan dan beberapa afiliasisebagai sumber pendapatan. Kelak Webkare akan mempraktekkan beberapa strategipeng-uangan, salah satu caranya adalah dengan mengubah konsep tersebut menjadivideo game atau novel, merchandise, menjual barang virtual, merambah ponsel,mengembangkan konsep untuk pengguna pria dan premium membership.